Paket Wisata Dieng

Paket Wisata Dieng: Tour, Liburan, Honeymoon

Dieng menjadi objek wisata terpopuler di dearah Jawa Tengah. Secara administratif, dataran tinggi Dieng berada di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Dieng sendiri sering dijuluki negeri di atas awan. Lokasinya di ketinggian lebih dari 2.000 MDPL. Jadi, tak heran jika wilayah ini sering diselimuti awan, khususnya saat pagi dan malam hari.

Terdapat banyak objek wisata di dataran tinggi Dieng, seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga, aneka kuliner, kolam pemandian air hangat, dan lainnya

Lebih lanjut, Dieng merupakan objek wisata yang cocok untuk dikunjungi saat libur panjang. Utamanya, saat cuaca tengah terik dan panas seperti sekarang ini.

Transportasi ke Tempat Wisata di Dieng

Tempat wisata di Dieng dapat diakses dengan mudah melalui moda transportasi darat. Jenis Transportasi yang sering digunakan, yakni bus, taxi, travel, mobil pribadi dan sepeda motor.

Kota transit utama yang biasa digunakan oleh wisatawan adalah Yogyakarta, Purwokerto, Solo dan Semarang. Untuk datang ke Dieng dari berbagai Kota.

Inilah jalur dan alat transportasi yang digunakan untuk menuju Dieng.

Yogyakarta

Terminal Umbulharjo dan Jombor menjadi pilihan strategis bagi yang akan datang ke Dieng dengan menggunakan Bus. Dengan menggunakan bus dari Yogyakarta menuju Wonosobo, harus pindah bus di Terminal Magelang, jalur ini sangat mudah karena merupakan jalur Jogja – Semarang.

Dari terminal antar kota Magelang baru kemudian memilih bus jurusan ke Wonosobo, sampai terminal Wonosobo kemudian berganti angkutan kota menuju terminal bus Dieng Batur, disini dapat memilih mikro bus yang menuju Dieng.

Jarak dari Jogjakarta menuju Wonosobo sekitar 122 km dan waktu tempuh kira-kira 3.5 – 4 jam.

Jalurnya adalah : Yogyakarta – Sleman – Tempel – Muntilan – Magelang – Secang – temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng.

Alterantif lain adalah Jogjakarta ke Wonosobo, lewat jalur Purworejo. dari Terminal Umbulharjo atau Gamping, menggunakan bus jurusan Purworejo dan ke Wonosobo. Jaraknya sekitar 120 km dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 3.5 jam.

Jalurnya adalah : Yogyakarta – Sentolo – Wates – Purworejo – Sapuran – Wonosobo – Dieng.

Semarang

Terminal Terboyo Menyediakan Banyak Bus jurusan Semarang – Purwokerto melalui Wonosobo. Jaraknya sekitar 118 km dan waktu tempuh kira-kira 3.5 jam.

Jarak dari semarang sampai dieng sekitar 145 km dan jalurnya adalah : Semarang – Ungaran – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng.

Solo

Jarak dari Solo sampai Wonosobo sekitar 180 km, waktu yang diperlukan sekitar 6 jam, Bus yang bisa digunakan adalah bus jurusan Solo-Purwokerto lewat Wonosobo.

Jalurnya adalah : Solo – Kartasura – Boyolali – Ampel – Salatiga – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng.

Tempat Wisata Dieng yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

Menyandang gelar negeri di atas awn, Dieng siap menyuguhkan berbagai paket wisata liburan ke Dieng Wonosobo menarik. Paket edukasi, sejarah, budaya, kuliner, dan alam semua ada.

Berikut ini daftar tempat wisata Dieng terbaru di berbagai daerah yang wajib Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Dieng

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Dieng, karena dapat menikmati panorama matahari terbit (sunrise) dari atas bukit.

Diketahui, Bukit Sikunir terkenal dengan sebutan golden sunrise karena keindahan cahaya matahari terbit yang berwarna kuning keemasan.

Untuk bisa melihat panorama golden sunrise itu, wisatawan harus mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl.

Tak hanya golden sunrise, pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan delapan gunung dari puncak Bukit Sikunir. Meliputi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.

Bagi pendaki pemula, atau wisatawan yang tidak terbiasa mendaki gunung tak perlu khawatir. Sebab, pendakian Bukit Sikunir sangat ramah bagi pemula, hanya membutuhkan waktu 30-45 menit untuk sampai ke puncak bukit.

Gunung Prau

Dieng juga menyediakan destinasi bagi pendaki yakni Gunung Prau.

Gunung Prau mempunyai ketinggian sekitar 2.590 mdpl. Estimasi waktu pendakian Gunung Prau adalah sekitar 3-4 jam, sehingga gunung ini cocok bagi pendaki pemula. Ketika sampai di puncak, pendaki akan disuguhi pemandangan lima gunung sekaligus.

Pada sisi timur Gunung Prau, pendaki bisa melihat gagahnya Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu.

Telaga Warna

Telaga Warna yang merupakan salah satu ikon wisata Dieng. Berdasarkan informasi yang dihimpun, disebut Telaga Warna karena warna air danau berubah-ubah saat terkena pantulan sinar matahari.

Fenomena ini disebabkan oleh tingginya kandungan belerang pada air danau. Tempat wisata ini berada di ketinggian 2.000 mdpl dengan bentang alam yang indah, serta dikelilingi panorama Gunung Prau.

Waktu yang paling ideal untuk mengunjungi Telaga Warna adalah saat pagi atau siang hari. Karena pada saat sore hari, kawasan sekitar telaga tersebut akan ditutupi kabut tebal.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon terletak di samping Telaga Warna. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Telaga Pengilon lantaran warna air di sini jernih, sehingga wisatawan bisa bercermin dari permukaan telaga. Pengilon diambil dari bahasa Jawa, ngilo, yang bermakna berakaca. Konon, siapa pun yang melihat dirinya cantik atau tampan dari permukaan Telaga Pengilon, berarti orang tersebut berhati baik.

Kedua telaga tersebut, hanya dipisahkan oleh daratan kecil yang hanya terlihat pada musim kemarau. Sementara saat musim penghujan, daratan kecil itu akan terendam air sehingga kedua telaga akan tampak menyatu

Telaga Merdada

Telaga Merdada merupakan telaga terluas di Dieng hingga mencapai 21 hektare. Di sekitar telaga terdapat lahan berundak tempat pertanian kentang yang menambah keindahannya.

Telaga ini berada di antara dua buah bukit terjal, yakni Pangonan dan Sumurup. Kawasan wisata ini cukup sepi, sehingga cocok buat kamu yang pengin melipir dari hiruk pikuk kota.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-16.00 WIB

Harga: Rp5.000

Candi Arjuna

Berada dekat dengan Kawah Sikidang, kurang lengkap rasanya kalau gak mampir ke Candi Arjuna. Sejarahnya, candi ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa.

Di kawasan Candi Arjuna, terdapat lima candi lainnya yang saling berjajar lurus. Lokasinya berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, sehingga suasana dan pemandangannya begitu menyenangkan.

Lokasi: Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp10 ribu

Kawah Sikidang

Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Dieng, tapi tak menyempatkan untuk mampir ke Kawah Sikidang. Letak kawah indah ini tak jauh dari Bukit Sikunir. Akses menuju kawah ini sebenarnya lebih cepat melalui jalanan dari Wonosobo.

Bawalah masker untuk terhindar dari bau belerang yang menyengat kalau kamu gak tahan dengan baunya. Selain menikmati keindahan kawah, kamu juga bisa melihat berbagai kerajinan tradisional khas Dieng buatan warga setempat.

Lokasi: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Harga: Rp10 ribu

Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin berupa sebuah tebing di ketinggian yang letaknya sangat berdekatan dengan Telaga Warna, bahkan kamu bisa melihatnya dari tempat ini, termasuk Telaga Pengilon juga akan terlihat dari sini.

Menuju ke destinasi ini bukanlah hal yang susah. Akses masuknya berada dekat dengan wisata Dieng lainnya, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna. Jika ditempuh dari Kota Wonosobo, perjalanan akan memakan waktu hingga satu jam dengan jarak tempuh 27 kilometer.

Lokasi: Jalan Raya Dieng, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-17.30 WIB

Harga: Rp10 ribu

Telaga Warna

Sebagai salah satu objek wisata andalan, keindahan Telaga Warna memang sejak lama dikagumi para wisatawan. Telaga yang tidak begitu besar ini punya warna yang cantik.

Terdapat jembatan kecil dari kayu yang bisa jadi spot foto kece di pinggir telaga. Sempatkan berfoto sejenak, dijamin hasilnya akan sangat indah. Terdapat pula beberapa gua di dekat telaga yang punya sejarah bagi masyarakat sekitar.

Lokasi: Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.30 WIB

Harga: Rp10 ribu

Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca berada di Kawasan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, dan telah masuk dalam Cagar Budaya Provinsi Jawa Tengah. Sejarahnya, nama candi megah ini diambil dari tokoh cerita rakyat Mahabarata.

Candi Gatotkaca sendiri dibangun pada masa pemerintahan Ratu Sima, tapi baru ditemukan pada tahun 1814. Bangunan tua penuh sejarah ini bisa menjadi sarana untuk menambah wawasan.

Tak jauh dari sini, terdapat Museum Kailasa yang memuat banyak informasi mengenai sejarah dari Dataran Tinggi Dieng. Di Candi Gatotkaca, kamu bisa menemukan artefak-artefak tua, tapi tetap memukau.

Lokasi: Dieng Kulon, Batur, Karangsari, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Harga: Rp10 ribu

Paket Wisata ke Dieng + Hotel dan Transportasi

Dieng menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan domestik, sebab banyak tempat-tempat wisata yang hits dan instagramable. Jika Anda ingin liburan ke Dieng, kami merekomendasikan untuk mengambil paket wisata agar biaya tour Anda selama di Dieng, Wonosobo lebih hemat. Cheria Tour telah merangkum berbagai paket wisata Dieng mulai dari tour 1 hari hingga paket honeymoon Dieng.

Semua paket tour yang kami sediakan sudah termasuk penginapan (Hotel, Villa) beserta transportasinya, sehingga Anda tidak repot lagi, dan perjalanan tour Anda pun menjadi lebih menyenangkan.

Ide Paket Tour ke Dieng Bersama Cheria Tour

Adakalanya paket tour ke Dieng yang kami sediakan mungkin kurang cocok bagi Anda, atau Anda punya ide sendiri saat liburan di Yogyakarta. Jika demikian, Anda bisa memilih paket custom tour, dimana Anda dapat sesuka hati memilih tempat wisata yang ingin Anda kunjungi, setelah itu konfirmasikan ke kami agar kami dapat mengatur ulang biaya tour Anda. Berikut ide tour yang kami rekomendasikan.

Cek Paket Lengkapnya dengan Klik Di Bawah Ini

KLIK


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *