Pulau Mentawai

Pulau Mentawai: Lokasi, Harga Tiket dan Tips

Indonesia memang kaya akan pulau-pulau eksotis yang menjadi tempat wisata Indonesia yang mendunia. Sebut saja salah satunya adalah Pulau Mentawai yang sudah tersohor dan menjadi daftar tujuan wisata bagi turis mancanegara.

Tempat eksotis ini bagai surga karena masih sangat alami dan eksotis. Bayangkan saja, untuk mencapai pulau wisata tersebut wisatawan harus menempuh jarak ratusan kilometer dengan sebuah kapal.

Meski terkesan isolasi dari peradaban luar, pulau ini masih terjaga keasriannya. Terlebih Suku Mentawai, penghuni asli pulau ini, sangat baik dalam menjaga dan melestarikan ‘rumah’ mereka.

Sekilas Tentang Pulau Mentawai

Pulau Mentawai masih termasuk dalam administrasi Provinsi Sumatera Barat. Potensi wisata pulau ini berupa hutan, rawa, sungai, laut dan pantai beserta penghuni aslinya yakni berbagai suku asli Mentawai.

Kepulauan ini terdiri dari 4 pulau besar yakni Pulau Siberut, Pagai Utara, Pagai Selatan, dan Sipora. Pulau Siberut berpenduduk paling banyak. Adapun Pagai Selatan memiliki nama lain Bumi Sikerei.

Suku yang satu ini memiliki cara unik untuk mengobati orang sakit. Yakni dengan memanggil roh-roh leluhur. Tetapi, suku lain di pulau lainnya juga tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi.

Selain itu, wisatawan juga bisa berkunjung ke satu desa ke desa lainnya dengan menggunakan perahu. Sedangkan bagi yang hobi surfing, wisata Sumbar yang lagi hits ini sangat recommended karena memiliki ombak terbaik.

Harga Tiket Masuk Pulau Mentawai

Sebenarnya, tidak ada tiket masuk Pulau Mentawai. Pengunjung hanya perlu membayar tiket transportasi penyeberangan dan juga biaya akomodasi. Budget untuk menyewa transportasi penyeberangan ini cukup mahal.

Namun Anda bisa mendapatkan harga terbaik dengan menjadi peserta paket wisata. Ada banyak rekomendasi tour organizer yang siap membawa Anda ke pulau cantik ini. Salah satunya adalah Cheria Tour.

Nantinya wisatawan akan dihadapkan 2 pilihan transportasi penyeberangan, yaitu kapal cepat dan kapal ferry. Keduanya membanderol harga sewa yang berbeda. Berikut rinciannya plus perkiraan biaya akomodasi penginapannya:

RetribusiTarif
Sewa Kapal Cepat – WNIRp250.000,00
Sewa Kapal Cepat – WNARp300.000,00
Sewa Kapal Ferry – DewasaRp135.000,00
Sewa Kapal Ferry – AnakRp95.000,00
Sewa Homestay – WeekdayRp300.000,00 sampai Rp1.500.000,00
Sewa Hoemstay – WeekendRp1.200.000,00 sampai Rp5.000.000,00

Rute Menuju Lokasi Pulau Mentawai

Lokasi Pulau Mentawai berada di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Dari Kota Padang, jaraknya sekitar 170 KM dengan waktu tempuh 12 jam jika menggunakan kapal ferry.

Sedangkan jika menggunakan kapal cepat, Mentawai Fast, perjalanan Padang ke Pulau Siberut hanya 3-4 jam saja. Fasilitasnya seperti AC, snack, TV, air mineral dan lainnya.

Selain keduanya, ada pilihan lain yakni transportasi dari pihak resort. Ini khusus untuk Anda yang akan menginap. Pihak resort akan menyediakan transportasi di pelabuhan Teluk Bayur Padang menuju resort.

Anda yang tidak menggunakan jasa resort, tak perlu khawatir. Perjalanan akan tetap lancar dengan menggunakan kendaraan sewa dari jasa rental mobil Padang murah dan terdekat. Driver siap antarkan Anda Teluk Bayur, Padang.

Daya Tarik Pulau Mentawai

Kepulauan Mentawai Sumatera Barat memiliki berbagai daya tarik wisata hingga turis asing pun berdatangan. Mulai dari alamnya, penduduk aslinya, hingga daya tarik alamnya.

Berikut kami jabarkan daya tariknya satu per satu untuk Anda. Silahkan simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Menjelajah Pulau Siberut

Pulau Siberut adalah pulau utama di Kepulauan Mentawai. Terdapat sekitar 30.000 jiwa penduduk dan merupakan pulau paling padat penduduk di kabupaten ini.

Siberut sendiri merupakan taman nasional dengan bentang alam yang masih sangat alami. Suasana kehidupan di pulau ini masih sangat dekat dengan alam. Desa-desa di dalamnya jauh dari pengaruh gaya hidup perkotaan.

Nuansa tenang sangat terasa di sini. Cocok untuk Anda yang sedang mencari ketenangan di sela-sela momen liburan. Anda juga akan terkesima dengan budaya masyarakat setempat yang masih sangat kuat.

Hal ini sangat wajar karena sebagian besar penduduknya adalah suku Mentawai asli. Mereka tersebar di beberapa desa seperti Desa Madobak, Matotonan, dan Desa Ugai.

Wisata Taman Nasional Pulau Siberut

Layaknya Taman Nasional Gunung Leuser, pulau seluas 400.000 Hektar ini penuh dengan ekosistem hutan hujan tropis. Oleh sebab itu, hutan ini memiliki peranan penting untuk menjaga keseimbangan biosfer dunia.

UNESCO secara resmi menyatakan Taman Nasional Pulau Siberut sebagai cagar biosfer. Taman nasional ini juga merupakan habitat asli 4 spesies primata asli Mentawai, yakni, Joja, Bokoi, Simakobu, dan Bilou.

Spot Surfing Terbaik

Kawasan laut pulau ini terkenal dengan ombaknya yang mampu menantang para peselancar terbaik dunia sekalipun. Keganasan dan keseruan ombak Mentawai sudah mendunia dan menjadi salah satu yang terbaik.

Oleh sebab itu, di tahun 2016 pernah ada kejuaraan surfing kelas internasional dengan tajuk ‘Mentawai Pro’. Total, ada 71 titik surfing di kawasan kepulauan ini dan 10 di antaranya adalah yang terbaik di dunia.

Rata-rata ombaknya setinggi 3 sampai 4 meter di saat kondisi normal. Tapi, saat air sedang pasang dan bergelombang, ketinggian ombak bisa mencapai 7 sampai 10 meter. Inilah kenapa ombak Mentawai begitu ganas sekaligus eksotis.

Wisata Pantai Pasir Putih

Wisata Pulau Mentawai juga kaya akan potensi wisata pantai. Salah satu Pantai terindah di Indonesia ini sangat mempesona dengan pasir putih dan airnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan.

Wisatawan bisa bermain pasir atau ombak di bibir pantai sambil bersantai. Udara khas pantai di sini juga segar dan beraroma khas pantai. Panoramanya eksotis dan tak pernah menjenuhkan sehingga sangat layak untuk menjadi spot healing.

Anda juga bisa berburu sunset yang dramatis di sore hari. Ingat, pantai-pantai di pulau ini masih sepi wisatawan sehingga seperti private beach. Oleh sebab itu, Anda bisa menikmati keindahannya secara leluasa.

Wisata Budaya dan Kuliner Khas

Untuk kegiatan wisata berikutnya adalah wisata budaya dan wisata kuliner khas daerah Mentawai. Wisata budaya di sini berarti pengunjung akan bertemu langsung dengan suku pedalaman Mentawai.

Wisatawan juga berkesempatan untuk menyaksikan kehidupan sehari-hari masyarakat pedalaman tersebut. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga dan pastinya sangat berkesan.

Kuliner di Mentawai ini juga tak luput jadi perhatian para wisatawan. Masyarakat Mentawai menjadikan sagu sebagai makanan pokok mereka. Berbagai olahan sagu mudah sekali dijumpai di sini. Dan tentu cita rasanya enak dan unik.

Salah satunya yang sangat terkenal adalah Kapurut Sagu. Salah satu makanan khas 34 Provinsi yang ada di Indonesia ini berbahan dasar tepung sagu yang sudah mengeras.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *